Jumat, 28 Juni 2024

Tak Perlu ke Jambi, RSUD Hamba Muarabulian Sudah Miliki Alat Cuci Darah Sendiri

Tak Perlu ke Jambi, RSUD Hamba Muarabulian Sudah Miliki Alat Cuci Darah Sendiri



BATANGHARI, TIGASISI.NET - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hamba Muarabulian, Kabupaten Batanghari kini sudah memiliki pelayanan alat cuci darah atau Hemodialisa (HD).

Direktur RSUD Hamba, dr. Ibnu mengatakan, pihaknya di Rumah Sakit terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sesuai dengan perintah dari Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief.

"Kami di Rumah Sakit ini selalu ditekankan oleh Pak Bupati untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, kinerja kami disini juga selalu dipantau oleh Pak Bupati. Alhamdulillah sekarang kita sudah punya alat cuci darah sendiri sebanyak 5 unit," kata dr. Ibnu, Kamis (27/6/24).

Soal pengoperasian alat Hemodialisa ini, dr. Ibnu mengakui masih menunggu persetujuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Bahkan, lelaki berkulit putih bersih ini menargetkan pelayanan alat cuci darah tersebut dapat beroperasi pada tahun ini.

"Iya, kita masih ada beberapa proses yang harus dilalui, salah satunya visitasi dari Kemenkes, nah pihak Kemenkes melalui PJ terkait akan membuat jadwal kunjungan atau visitasi ke RSUD Hamba, jika lolos visitasi Kemenkes dan tidak ada perbaikan yang berarti maka akan lanjut visitasi oleh BPJS, setelah itu baru pelayanan cuci darah bisa dibuka ," jelas dr. Ibnu.

Tak hanya itu, dr. Ibnu juga mengatakan RSUD Hamba sudah memiliki Dokter spesialis penyakit dalam dan sudah bersertifikat dalam mengoperasikan alat cuci darah tersebut.

"Kita punya 1 dokter spesialis penyakit dalam bersertifikat HD, 1 Dokter umum besertifikat HD, 3 perawat bersertifikat dan juga tenaga Administrasi HD, ini merupakan syarat dasar untuk pemenuhan minimal SDM dalam membuka pelayanan HD," tambahnya.

Lebih lanjut, dr. Ibnu mengatakan, RSUD Hamba membuka layanan cuci darah ini bertujuan untuk memudahkan dan meringankan beban masyarakat di daerah pimpinan Muhammad Fadhil Arief dan H. Bakhtiar itu.

"Alhamdulillah ini buat jika nanti pelayanan Hemodialisa atau cuci darah ini berjalan tentunya masyarakat batang hari yang selama ini cuci darah ke Jambi tidak perlu lagi ke kota untuk cuci darah," pungkas dr. Ibnu.


Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved