Senin, 19 Agustus 2024

Anwar Sadat: Sektor Perikanan Penyokong Utama Ekonomi

Anwar Sadat: Sektor Perikanan Penyokong Utama Ekonomi


TANJAB BARAT, TIGASISI.NET - Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat Fokuskan Budidaya pada Sektor Perikanan sebagai Penyokong Ekonomi daerah itu. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag pada acara Penyerahan Bantuan Hibah Sarana & Prasarana Perikanan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Pelabuhan Perikanan Pantai Kuala Tungkal, Senin, (19/8).

Bupati Anwar Sadat menekankan pentingnya keseimbangan antara nelayan tangkap dan nelayan budidaya, mengingat perbedaan perkembangan habitat ikan antara yang ditangkap dengan budidaya. 


"Oleh karena itu, kami mengambil kebijakan pengembangan budidaya ikan - ikan yang sangat potensial di Kab. Tanjab Barat sesuai dengan topografi tanah dan airnya, nah ini yang sedang dikembangan oleh Dinas Perikanan Kab. Tanjab Barat," jelas Bupati


Bupati menghimbau kepada para nelayan yang hadir untuk segera mengaktifkan BPJS yang sudah didaftarkan ± 60.000 jiwa untuk masyarakat Kab. Tanjung Jabung Barat yang telah dianggarkan oleh Pemkab Tanjab Barat. 


“Artinya mulai dari hulu hingga ke hilir semua kami perhatikan, termasuk BPJS jaminan keselamatan, jangan sampai ini dianggap enteng, karna kami ingin menjamin semuanya, mulai dari sarana dan prasarana hingga jaminan keselamatan nelayan," ujar Bupati.


Dirinya berharap kepada para nelayan untuk selalu berkoordinasi dengan Dinas Perikanan terhadap perkembangan terhadap inovasi - inovasi pada sektor perikanan kedepannya.


“kami bersama TAPD apabila melihat perencaannya matang, kemudian perhitungannya juga akuran dengan disiplin ilmu, saya kira tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mengaggarkan program - program yang di usulkan oleh bapak/ibu sekalian," katanya


Sebelumnya Kadis Perikanan Hapriansyah, S. ST. Pi dalam laporannya menyampaikan, penyerahan bantuan hibah ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Tanjab Barat berkolaborasi bersama DPRD kab. Tanjab Barat yang berkelanjutan.


"khususnya Dinas Perikanan sebagai pembina pelaku usaha sektor produk perikanan, memberikan stimulan kepada nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah agar dapat berdaya saing di tingkat nasional hingga internasional," ungkapnya


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Anwar Sadat didampingi pejabat yang hadir pada saat itu memberikan bantuan Hibah Sarana & Prasarana Perikanan. Selain itu Bupati juga meninjau hibah pompong serta Gedung pengolahan pakan yang ada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).


Turut hadir pada acara tersebut, Pj. Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Kadis Perikanan beserta jajarannya, Komandan Pos TNI AL Kuala Tungkal, Kasat Pol Air Polda Jambi, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Kuala Tungkal, serta para nelayan yang hadir pada acara tersebut.

Pewarta: Rahmad

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved