Kamis, 08 Agustus 2024

Bikin Takjub, RSUD Hamba Punya Alat Medis Tercanggih di Provinsi Jambi, Begini Cara Kerjanya

Bikin Takjub, RSUD Hamba Punya Alat Medis Tercanggih di Provinsi Jambi, Begini Cara Kerjanya



BATANGHARI, TIGASISI.NET - Peningkatan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hamba Muara Bulian bikin takjub. Baru-baru ini, RS pimpinan dr. Ibnu tersebut mendatangkan satu unit alat medis canggih yakni Computerized Tomoghrafhy (CT) Scanner.

CT- Scan 128 Slice yang dimiliki RSUD Hamba ini merupakan jenis alat medis tercanggih yang ada di Provinsi Jambi.

Alat ini berfungsi untuk melakukan diagnosis atau mendeteksi penyakit yang ada didalam tubuh. Dengan bantuan alat ini jenis penyakit lebih mudah diketahui.

"Untuk di Provinsi Jambi, alat CT-Scan yang ada di RSUD Hamba ini merupakan alat yang paling canggih se-Provinsi Jambi, kalau di RSUD lain masih menggunakan alat CT-Scan 64 Slice, dan masih ada RSUD lain yang belum punya alat CT-Scan ini, kalaupun ada yang punya 128 Slice, teknologi kita termasuk yang terbaru dikelasnya," ungkap direktur RSUD dr. Ibnu dalam acara Grand Launching CT-Scan 128 Slice di RSUD Hamba, Rabu (7/8/24).

dr. Ibnu tak menampik, hadirnya alat tersebut di RSUD Hamba tidak didapat dengan mudah. Ada banyak proses yang dilalui oleh pihaknya di Rumah Sakit.

"Memang sebuah proses yang cukup panjang, mulai dari peningkatan SDM, pelatihan SDM maupun perizinan. Dimana sudah melalui visitasi oleh Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) dan visitasi dari BPJS Kesehatan," jelas dr. Ibnu.

Tersedianya alat ini di RSUD Hamba rupanya mendapat respon positif dari Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief.

Ternyata upaya pihak RSUD Hamba dalam merajakan masyarakat berjalan selaras dengan cita-cita orang nomor wahid di Batang Hari tersebut.

Kata Bang Fadhil (sapaan akrab Bupati Batang Hari), ia selalu mengedepankan pelayanan yang maksimum untuk masyarakatnya di Batang Hari, apalagi menyangkut pelayanan kesehatan.

"Saya tidak tahu dikasih amanah sampai kapan, tapi saya optimis saja, dalam menjalankan jabatan saya saat ini, harapan saya pada tahun 2026 Rumah Sakit kita ini bisa mandiri, sarana prasarananya bisa lengkap, kedepannya masyarakat kita tidak perlu lagi jauh-jauh untuk berobat,  karena alat medis kita sudah ada semua," kata Fadhil.

Meski demikian, Fadhil meminta tenaga kesehatan yang ada di RSUD Hamba tidak bersikap cuek terhadap pasien. Menurutnya, kesempurnaan pelayanan tidak hanya dinilai dari kelengkapan sarana dan prasarana saja.

"Saya mohon maaf kalau soal kesehatan ini agak cerewet sedikit, kalau perawatnya lagi ada masalah dirumah lebih baik minta izin libur dulu, daripada dipaksakan kerja tapi setiap melihat pasien itu cemberut saja mukanya, bukannya sehat malah tambah sakit pasien itu nanti," celoteh Ayah empat anak itu.

Lebih lanjut, Fadhil berharap tersedianya alat CT-Scan ini dapat meningkatkan indeks kepuasan masyarakat dalam segi pelayanan kesehatan.

"Dengan hadirnya alat ini semoga semakin terlayani masyarakat dengan cepat, sehingga alat ini bermanfaat bagi pemerintah maupun masyarakat khususnya di Batang Hari," pungkasnya.


Reporter: Juniko

Sumber Fhoto: Diskominfo Batang Hari

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved