Kamis, 15 Agustus 2024

Pemkab Batanghari Terus Genjot Ekonomi Masyarakat Melalui UMKM

Pemkab Batanghari Terus Genjot Ekonomi Masyarakat Melalui UMKM





BATANGHARI, TIGASISI.NET - Pemerintah Kabupaten Batanghari terus mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan sektor UMKM.

Pemkab mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengisi produk-produknya di Pusat Oleh-oleh Kabupaten Batanghari.

"Ya, kita dari pemerintah mengajak para pelaku UMKM, kerajinan dan pelaku usaha agar menjual produknya di pusat oleh-oleh,"kata Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Batanghari, Maryati di Muara Bulian, Rabu.

Untuk pusat oleh-oleh yang akan diluncurkan tersebut berlokasi di Kecamatan Muara Bulian. Sedangkan untuk produk produk di tempat tersebut di isi para pelaku UMKM dari delapan kecamatan di Batanghari.

Ia juga mengatakan, ada dua jenis bahan yang akan dijual yaitu bahan kerajinan dan makanan. Dan juga pihaknya telah menyeleksi untuk produk yang akan dijual di Pusat Oleh-oleh Batanghari tersebut.

"Tahapan nya sudah kita seleksi, dari tahap kualitas maupun perizinan nya," ujarnya.

Sementara itu, pada saat ini pihaknya membeli sejumlah produk pada pelaku usaha dengan tujuan untuk mempromosikan masyarakat yang berkunjung dengan barang-batang tersebut.

"Sekarang tahap persiapan, tahap pertama ini kita beli dulu untuk merangsang pihak yang akan berkunjung dan bahan promosi daerah," ujarnya. 

Untuk itu, Ia mengharapkan dengan adanya Pusat Oleh-oleh ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan mendorong promosi produk lokal Batanghari. Saat ini, pihaknya masih membenahi beberapa sarana yang akan penuhi seperti kulkas dan mesin kasir. 

"Respon masyarakat terkait produk produk UMKM sangat baik dan membeludak, tetapi juga tidak bisa semua akomodir," tutupnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved